Further


Nama : Yoso Dermawan sugondo
Kelas : 3IA07
NPM  : 57415292



1. Teknologi Game, Bisnis dalam Game Komputer, 3D Engine dan Scene Graph

Teknologi Game

Teknologi game terdiri dari 2 kata yaitu teknologi dan game. Teknologi berasal dari Bahasa Perancis yaitu La Teknique yang artinya semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional. Game adalah sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa, game juga merupakan hiburan yang mengacu kepada kelincahan intelektual.
Teknologi Game secara umum adalah sarana yang di perlukan untuk memainkan sebuah permainan dan merupakan sebuah teknologi untuk membuat sebuah permainan menggunakan computer.



5 teknologi baru untuk masa depan gaming :

1.      Virtual Reality (VR) Technology
VR gaming memungkinkan Anda untuk menikmati pengalaman terlibat dan berinteraksi dalam lingkungan yang ada dalam game. Beberapa sumber bahkan menyatakan virtual reality merupakan lini paling di bidik oleh para investor. Beberapa perusahaan raksasa seperti Facebook, Google dan Intel telah memulai investasi ini. Tahun 2018, penjualan produk virtual reality diperkirakan akan mencapai $5.2 juta.

2.      Motion sensor  & Neuro-gaming Technology
Motion sensor atau sensor gerakan memang sudah muncul sejak beberapa tahun terakhir. Sensor elektronik ini akan mendeteksi gerakan Anda dan mengintegrasikannya dengan perangkat dan lingkungan sekitarnya. Sistem akan secara otomatis melakukan tugas atau peringatan tertentu.

3.      Cloud-based Services & Big Data Technology
Teknologi komputer berbasis sistem Cloud telah menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data besar. Khususnya dalam industry gaming, game-game akan semakin menakjubkan pada tahun ini dengan kombinasi console yang ditenagai oleh cloud based.

4.      5G Network & Tournament Online Streaming
Baik gaming online maupun offline, download super cepat begitu didambakan. Belum lama ini, Google melakukan tes 5G menggunakan drone dengan projek rahasianya bernama SykBender. Jaringan 5G di harapkan dapat 40 kali lebih cepat dari kecepatan maksimum jaringan 4G/LTE yang ada saat ini.

5.      Cross-platform Integration
Berbagai perusahaan sedang mencari cara agar perangkat-perangkat yang ada sekarang dapat berkomunikasi satu sama lain. Trend ini disebut dengan Cross-platform Integration. Dengan sistem operasi terbaru dari Microsoft, Window 10, Anda dapat menggunakan beberapa perangkat dalam jaringan yang sama untuk streaming game yang sama. Kehadiran Windows 10 diharapkan dapat membawa cross platform gaming semakin nyata.

Bisnis dalam Game Komputer
Di zaman modern ini, tidak dipungkiri lagi bahwa game sangat berperan untuk sebagian besar pengguna teknologi, terutama pengguna komputer. Game merupakan sarana hiburan di tengah padatnya aktvitas yang dilalui. Namun, game ternyata juga dapat dijadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Dengan hobi para gamer ini, tentu terdapat peluang untuk mendapatkan profit (keuntungan).

Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.

Bisnis games yang sangat berkembang dengan pesat antara lain :
Game Komputer, biasanya game komputer ini adalah permainan yang ada di personal komputer (PC) ataupun laptop.
Game Handphone/Smartphone, game ini biasanya permainan yang dimainkan di Handphone / Smartphone (Mobile).
Game Portable, game yang biasa dimainkan melalui suatu alat tertentu seperti misalnya Playstation, Nintendo, dan lain sebagainya.

3D Engine dan Scene Graph
3D Engine merupakan suatu mesin yang mennyediakan fasilitas real time 3D rendering untuk sebuah game. Scene Graph adalah sebuah adegan grafik yang biasa digunakan oleh aplikasi grafis. Contoh dari 3D Engine adalah Ogre3D, Processing, GameMaker, Unity3D, dan lain sebagainya.

 Aplikasi untuk pembuatan Game 3D :

Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah sebuah adegan yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan 
hardware-accelerated grafis 3D.


Processing merupakan bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional.

Game Maker merupakan  software yang bisa membantu para pemakai menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding sedikitpun. Bahkan pemakai bisa membuat game 3 Dimensi dan MultiPlayer

Unity 3D merupakan  sebuah game engine berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar seperti android dan yang lainnya.






2. Desain Skenario, Script , dan Storyboard Game Komputer

* Desain Skenario:

Desain Skenario terdiri dari 2 kata yaitu desain dan skenario. Desain berarti sebuah rancangan sedangkan skenario adalah sebuah penyampaian cerita atau gagasan. Desain skenario berarti sebuah perancangan yang mewakilkan sebuah cerita/gagasan dalam suatu game.

* Skrip:
Skrip merupakan bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas penerjemah serta kompilasi kode dalam satu rangkaian proses secara integratif sehingga memungkinkan kode yang dibuat dapat langsung dijalankan sebagai sebuah program secara dinamis. berikut contohnya





* Storyboard:
Storyboard adalah sebuah sketsa gambar yang disusun secara berurutan sesuai dengan naskah. Soryboard memudahkan kita untuk menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain, karena kita dapat menggambarkan khayalan dari cerita tersebut melalui gambar-gambar yang kita sajikan.






3.Artificial intelligent


Perkembangan game saat ini tidak lepas dari kecerdasan buatan (artificial intelligent). Kecerdasan buatan merupakan bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti pekerjaan manusia dan memungkinkan komputer untuk berfikir.
“Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas” (H. A. Simon [1987] ).
Tujuan dari kecerdasan buatan ini adalah untuk membuat komputer lebih cerdas dan membuat mesin lebih berguna. Kecerdasan buatan dikelompokkan menjadi 4 macam antara lain systems that think like humans, systems that act like humans, systems that think rationally, dan systems that act rationally.

Metode-metode pokok AI meliputi:

1. Sistem Fuzzy: teknik untuk pertimbangan di bawah ketidakpastian.
2. Jaringan Syaraf: sistem kemampuan pengenalan pola yang sangat kuat
3. Komputasi Evolusioner: menerapkan konsep-konsep yang terinspirasi secara biologis          seperti populasi, mutasi untuk menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik.

Decision Making
Decision Making adalah serangkaian algoritma yang dirancang dengan memasukan beberapa kemungkinan langkah yang bisa diambil oleh suatu aplikasi. Pada game biasanya decision making memberikan kemampuan suatu karakter untuk menentukan langkah apa yang akan diambil. Decision making dilakukan dengan cara menentukan satu pilihan dari list yang sudah dibuat pada algoritma yang dirancang. Algoritma decision making sering digunakan dalam aplikasi game, akan tetapi algoritma decision making dapat diimplementasikan pada banyak aplikasi lain.

Decision Making terbagi menjadi 3 :

1.Decision Tree
     Pohon Keputusan (Decision Tree) merupakan metode pohon keputusan yang mengubah fakta sangat besar menjadi pohon keputusan yang merepresentasikan aturan.

2.State Machine
     Finite State Machines (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi).

3.Rule System
     Rule Based System merupakan metode pengambilan keputusan berdasarkan pada aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan.

Algoritma Path Finding
Algoritma ini merupakan algoritma yang digunakan untuk pencarian jalur. Algoritma ini dapat digunakan untuk mencapai tempat tujuan dari tempat awal. Salah satu algoritma path finding adalah algoritma A*.

Waypoint adalah titik acuan atau kumpulan koordinat yang digunakan untuk keperluan navigasi untuk mengidentifikasi sebuah titik di peta.

Tactical Pathfinding merupakan salah satu algoritma pencarian jalur yang dapat melakukan pencarian jalur terpendek dengan perhitungan bobot ancaman. Implementasi algoritma tactical pathfinding dapat memberikan gerakan taktis pada non-player character. Algoritma tactical pathfinding dilakukan berdasarkan algoritma pencarian jalur berdasarkan A* ditambah perhitungan bobot.

Implementasi algoritma dilakukan dengan melakukan simulasi pada peta permainan 3D berbasis navigation mesh. Representasi peta permainan 3D menggunakan navigation mesh karena dalam beberapa tahun terakhir, navigation mesh menjadi pilihan utama.


SUMBER :


1 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.org

    BalasHapus