Nama : Yoso Dermawan sugondo
Kelas : 3IA07
NPM : 57415292
1. Teknologi Game, Bisnis dalam Game Komputer, 3D Engine
dan Scene Graph
Teknologi Game
Teknologi game terdiri dari 2 kata yaitu teknologi dan
game. Teknologi berasal dari Bahasa Perancis yaitu La Teknique yang artinya
semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara
rasional. Game adalah sesuatu yang sangat digemari oleh anak-anak hingga orang
dewasa, game juga merupakan hiburan yang mengacu kepada kelincahan intelektual.
Teknologi Game secara umum adalah sarana yang di perlukan
untuk memainkan sebuah permainan dan merupakan sebuah teknologi untuk membuat
sebuah permainan menggunakan computer.
5 teknologi baru untuk masa depan gaming :
1. Virtual Reality
(VR) Technology
VR gaming memungkinkan Anda untuk menikmati pengalaman
terlibat dan berinteraksi dalam lingkungan yang ada dalam game. Beberapa sumber
bahkan menyatakan virtual reality merupakan lini paling di bidik oleh para
investor. Beberapa perusahaan raksasa seperti Facebook, Google dan Intel telah
memulai investasi ini. Tahun 2018, penjualan produk virtual reality
diperkirakan akan mencapai $5.2 juta.
2. Motion sensor & Neuro-gaming Technology
Motion sensor atau sensor gerakan memang sudah muncul
sejak beberapa tahun terakhir. Sensor elektronik ini akan mendeteksi gerakan
Anda dan mengintegrasikannya dengan perangkat dan lingkungan sekitarnya. Sistem
akan secara otomatis melakukan tugas atau peringatan tertentu.
3. Cloud-based Services & Big Data Technology
Teknologi komputer berbasis sistem Cloud telah menjadikan
internet sebagai pusat server untuk mengelola data besar. Khususnya dalam
industry gaming, game-game akan semakin menakjubkan pada tahun ini dengan
kombinasi console yang ditenagai oleh cloud based.
4. 5G Network & Tournament Online Streaming
Baik gaming online maupun offline, download super cepat
begitu didambakan. Belum lama ini, Google melakukan tes 5G menggunakan drone
dengan projek rahasianya bernama SykBender. Jaringan 5G di harapkan dapat 40
kali lebih cepat dari kecepatan maksimum jaringan 4G/LTE yang ada saat ini.
5. Cross-platform Integration
Berbagai perusahaan sedang mencari cara agar
perangkat-perangkat yang ada sekarang dapat berkomunikasi satu sama lain. Trend
ini disebut dengan Cross-platform Integration. Dengan sistem operasi terbaru
dari Microsoft, Window 10, Anda dapat menggunakan beberapa perangkat dalam
jaringan yang sama untuk streaming game yang sama. Kehadiran Windows 10
diharapkan dapat membawa cross platform gaming semakin nyata.
Bisnis dalam Game Komputer
Di zaman modern ini, tidak dipungkiri lagi bahwa game
sangat berperan untuk sebagian besar pengguna teknologi, terutama pengguna
komputer. Game merupakan sarana hiburan di tengah padatnya aktvitas yang
dilalui. Namun, game ternyata juga dapat dijadikan sebuah bisnis yang
menjanjikan. Dengan hobi para gamer ini, tentu terdapat peluang untuk
mendapatkan profit (keuntungan).
Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati game yang tersedia di dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat didownload baik free maupun berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang. Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya, karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya. Perkembangan lainnya ialah warung internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet kini identik dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Dengan menyediakan tempat, perangkat komputer yang lengkap, dan fasilitas pendukung lainnya, membuat gamers betah berlama-lama untuk bermain.
Bisnis games yang sangat berkembang dengan pesat antara lain :
Game Komputer, biasanya game komputer ini adalah
permainan yang ada di personal komputer (PC) ataupun laptop.
Game Handphone/Smartphone, game ini biasanya permainan
yang dimainkan di Handphone / Smartphone (Mobile).
Game Portable, game yang biasa dimainkan melalui suatu
alat tertentu seperti misalnya Playstation, Nintendo, dan lain sebagainya.
3D Engine dan Scene Graph
3D Engine merupakan suatu mesin yang mennyediakan
fasilitas real time 3D rendering untuk sebuah game. Scene Graph adalah sebuah
adegan grafik yang biasa digunakan oleh aplikasi grafis. Contoh dari 3D Engine
adalah Ogre3D, Processing, GameMaker, Unity3D, dan lain sebagainya.
Aplikasi untuk pembuatan Game 3D :
Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah
sebuah adegan yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D ditulis dalam C + +
dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk
menghasilkan aplikasi dengan menggunakan
hardware-accelerated grafis 3D.
Processing merupakan bahasa pemrograman dan
lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram
gambar, animasi dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan
dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku
sketsa perangkat lunak (software) dan tool produksi profesional.
Game Maker merupakan software yang bisa
membantu para pemakai menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan coding
sedikitpun. Bahkan pemakai bisa membuat game 3 Dimensi dan MultiPlayer
Unity 3D merupakan sebuah game engine berbasis
cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa
digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar seperti android dan yang
lainnya.
2. Desain Skenario, Script , dan Storyboard Game
Komputer
* Desain Skenario:
Desain Skenario terdiri dari 2 kata yaitu desain dan
skenario. Desain berarti sebuah rancangan sedangkan skenario adalah sebuah
penyampaian cerita atau gagasan. Desain skenario berarti sebuah perancangan
yang mewakilkan sebuah cerita/gagasan dalam suatu game.
* Skrip:
Skrip merupakan bahasa pemrograman yang menyediakan
fasilitas penerjemah serta kompilasi kode dalam satu rangkaian proses secara
integratif sehingga memungkinkan kode yang dibuat dapat langsung dijalankan
sebagai sebuah program secara dinamis. berikut contohnya
* Storyboard:
Storyboard adalah sebuah sketsa gambar yang disusun
secara berurutan sesuai dengan naskah. Soryboard memudahkan kita untuk
menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain, karena kita dapat menggambarkan
khayalan dari cerita tersebut melalui gambar-gambar yang kita sajikan.
3.Artificial intelligent
Perkembangan game saat ini tidak lepas dari kecerdasan
buatan (artificial intelligent). Kecerdasan buatan merupakan bagian dari ilmu
komputer yang membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti
pekerjaan manusia dan memungkinkan komputer untuk berfikir.
“Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan
kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman
komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah-
cerdas” (H. A. Simon [1987] ).
Tujuan dari kecerdasan buatan ini adalah untuk membuat
komputer lebih cerdas dan membuat mesin lebih berguna. Kecerdasan buatan
dikelompokkan menjadi 4 macam antara lain systems that think like humans,
systems that act like humans, systems that think rationally, dan systems that
act rationally.
Metode-metode pokok AI meliputi:
1. Sistem Fuzzy: teknik untuk pertimbangan di bawah
ketidakpastian.
2. Jaringan Syaraf: sistem kemampuan pengenalan pola yang
sangat kuat
3. Komputasi Evolusioner: menerapkan konsep-konsep yang
terinspirasi secara biologis seperti populasi, mutasi untuk menghasilkan
pemecahan masalah yang lebih baik.
Decision Making
Decision Making adalah serangkaian algoritma yang
dirancang dengan memasukan beberapa kemungkinan langkah yang bisa diambil oleh
suatu aplikasi. Pada game biasanya decision making memberikan kemampuan suatu
karakter untuk menentukan langkah apa yang akan diambil. Decision making
dilakukan dengan cara menentukan satu pilihan dari list yang sudah dibuat pada
algoritma yang dirancang. Algoritma decision making sering digunakan dalam
aplikasi game, akan tetapi algoritma decision making dapat diimplementasikan
pada banyak aplikasi lain.
Decision Making terbagi menjadi 3 :
1.Decision Tree
Pohon Keputusan (Decision Tree)
merupakan metode pohon keputusan yang mengubah fakta sangat besar menjadi pohon
keputusan yang merepresentasikan aturan.
2.State Machine
Finite State Machines (FSM)
adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah
laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State
(Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi).
3.Rule System
Rule Based System merupakan
metode pengambilan keputusan berdasarkan pada aturan-aturan tertentu yang telah
ditetapkan.
Algoritma Path Finding
Algoritma ini merupakan algoritma yang digunakan untuk
pencarian jalur. Algoritma ini dapat digunakan untuk mencapai tempat tujuan
dari tempat awal. Salah satu algoritma path finding adalah algoritma A*.
Waypoint adalah titik acuan atau kumpulan koordinat yang
digunakan untuk keperluan navigasi untuk mengidentifikasi sebuah titik di peta.
Tactical Pathfinding merupakan salah satu algoritma pencarian
jalur yang dapat melakukan pencarian jalur terpendek dengan perhitungan bobot
ancaman. Implementasi algoritma tactical pathfinding dapat memberikan gerakan
taktis pada non-player character. Algoritma tactical pathfinding dilakukan
berdasarkan algoritma pencarian jalur berdasarkan A* ditambah perhitungan
bobot.
Implementasi algoritma dilakukan dengan melakukan
simulasi pada peta permainan 3D berbasis navigation mesh. Representasi peta
permainan 3D menggunakan navigation mesh karena dalam beberapa tahun terakhir,
navigation mesh menjadi pilihan utama.
SUMBER :
JOIN NOW !!!
BalasHapusDan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.name
dewa-lotto.org