Nama : Yoso Dermawan sugondo
Kelas : 3IA07
NPM : 57415292
6. User Interface pada Game Komputer
User
Interface pada Game Komputer Sebuah
antarmuka pengguna adalah sistem di mana pengguna berinteraksi
dengan mesin. Antarmuka pengguna mencakup perangkat
keras dan perangkat lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai
sistem, dan menyediakan cara untuk:
Input,
memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem
Output,
memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi pengguna
Secara umum, tujuan dari
teknik interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka
pengguna yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan
sebuah mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya
berarti bahwa operator harus menyediakan input minimal untuk mencapai output
yang diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan output yang tidak
diinginkan.
Antarmuka adalah komponen
sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis
antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) danGraphical User
Interface(GUI).
Command Line Interface(CLI).
CLI adalah tipe antarmuka
dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal.
Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan
cara mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap
sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX
memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft
Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt.
Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux
mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya
adalah commandshell.
Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang
digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui
gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk
( pointing device) seperti mouse atau track ball.
Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window,
icon, menu, pointing device).
Terdapat beberapa macam
fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fitur itu antara
lain:
1. Head Up Display System
Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan
data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut
pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat
informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan
daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk
kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan
sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.
2. Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang
disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan
informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User
Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi
Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media
Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu
memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat
dimanipulasi dan diamati secara langsung.
3. Computer Vision
Computer Vision (komputer
visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam
aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk
membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra
(gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video,
pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil
pemindaian medis.
4. Diegetic
Komponen diegetik menyediakan
pemain dengan isyarat dan informasi tanpa mengganggu mereka dari narasi dunia.
Isyarat ini adalah sesuatu yang avatar pemain dan karakter lain dalam permainan
dunia menyadari, dan dapat berinteraksi dengan. Hal ini membuat pengalaman
lebih mendalam dan sinematik.
5. Meta
Representasi Meta komponen
yang dinyatakan sebagai bagian dari narasi, tetapi bukan sebagai bagian dunia
permainan. Ini bisa menjadi efek yang diberikan ke layar seperti kaca retak dan
splatters darah – efek yang berinteraksi dengan dinding keempat adalah contoh
yang paling umum. Kadang-kadang elemen UI tidak sesuai dalam geometri dari
dunia permainan. Mereka masih dapat mempertahankan narasi permainan tapi duduk
di hub plane 2D.
6. Spatial
Komponen yang divisualisasikan
dalam dunia permainan tetapi bukan bagian dari dunia permainan. Karakter
permainan juga menyadari komponen spasial. Misalnya, kurung seleksi aura di
sekitar unit di game strategi real time. Mereka digunakan untuk memberikan
informasi tambahan pada komponen di dunia, walaupun informasi yang bukan
merupakan bagian dari narasi. Informasi ini disediakan di lokasi di mana pemain
difokuskan, mengurangi kekacauan di HUD.
7. Non-Diegetic
Kita semua menjadi sangat
nyaman dengan penggunaan HUD dalam permainan. Sistem ini memberikan kami
informasi penting dengan cara yang cukup sederhana. Jika dilakukan dengan benar
pemain bahkan tidak tahu itu ada. Ada mekanisme antarmuka pengguna kurang
intrusif yang bisa digunakan untuk tindakan sederhana seperti memilih senjata.
Jika pemain mampu melihat senjata yang sebenarnya dalam dunia permainan ada
kebutuhan sedikit atau tidak ada untuk menunjukkan isyarat non-diegetik untuk
bertukar senjata.
7. Penampilan Grafik Scene Game Komputer
Visibility
Visibility adalah tampilan
grafik dari scene game pada komputer. Yaitu,bagaimana sebuah game terlihat oleh
user agar menarik dan berkualitas sehingga user dapat menikmati game
tersebut.Biasanya pada video game terdapat istilah scene 2.5D. Sebenernya istilah
tersebut tidak beda jauh dari scene 2D. Hanya saja 2.5D memiliki beberapa
fitur tambahan berupa efek cahya dan sebagainya yang dibuat agar seakan * * akan
menterupai scene 3D. Teori grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D
sedangkan pada istilahh game lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric
projection.
Game bertipe ini menggunakan 2
macam tipe pemodelan , yaitu :
3 Dimensi object/model
Ini merupakan model/object 3D
yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama,bangunan,object – object.
Object 3D seperti ini biasanya menggunakan program seperti 3Ds Max,Maya,Hash
dan Blender.
2 Dimensi Graphhic
Gambar 2D juga berperan dalam
membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object,sebagai latar belakang
seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk
speedometer pada game racing.
Level of Detail
Dalam komputer grafis, untuk
tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi obje 3D seperti
bergerak menjauh sesuai matriksnya,kecepatan sudut pandang – relative atau
posisi. Tingkat teknik detail pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas
visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek
muncul ketika jauh atau bergerak cepat.
Untuk konsep menggambar LOD
sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci, konse dasar bisa
disamaratakan. Teknik LOD termasuk manajemen juga shader untuk tetap mengontrol
kompleksitas pixel.
Terrain LOD
Terrain merupakan model yang
sangat besar, membuat setiap pointnya secara eksplisit sangatlah tidak
mungkin,maka metoda untuk mengotomasikan pembangkitan terrain merupakan hal
biasa. Terrain LOD itu menggunakan teknik Level of Detail untuk mengontrol
objek yang akan di render. Teknik Level of Detail mempunyai banyak jenis, salah
satunya adalah Terrain LOD.
Hubungan Terrain LOD dengan
Triangle Bintree (Binary Triangle Trees)
Hubungan Terrain LOD dengan
Triangle Bintree (Binary Triangle Trees) yaitu pada bagaimana data itu dibagi
pada terrain, terdapat pohon yang dikenal sebagai Triangle Bintrees (Binary
Triangle Trees) dan Quadtrees. Triangle Bintrees (Binary Triangle Trees) merupakan
sebuah representasi populer permukaan medan yang elevasi telah sampel pada
interval jarak teratur yaitu triangulalsi subset dari titik sampel yyang
terdiri dari sumbu blok,segitiga siku – siku isosceles. Triangulasi terdiri
dari segitiga yang hanya memiliki tiga simpul pada batas mereka.
Gambar Triangle Bintrees 3
simpul :
Gambar Triangle Bintrees 4
simpul :
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar