Further

Manusia dengan keadilan







Yaa saya di sini akan sedikit bercerita tentang apa itu keadilan dan menurut keadilan yang pernah saya alami adalah seperti berikut cekidoott...!!!

Menurut wikipedia keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai suatu hal,baik menyangkut benda ataupun orang. Adalagi yang menyebutkan bahwa istilah keadilan (iustitia) berasal dari kata “adil” yang berarti: tidak berat sebelah,tidak memihak,berpihak kepada yang benar,sepatutnya,tidak sewenang-wenang. 


Tetapi keadilan menurut saya adalah kedudukan dimana kita semua merasakan hal yang sama tanpa mempertimbangkan suatu materi, kedudukan, dan keadaan .
Saya mempunyai cerita sendiri tentang apa itu keadilan bagi sesama tanpa memikirikan ego yang berada di dalam jiwa kita, ketika saya mengikuti Pendidikan dasar MAPA GUNADARMA saya banyak mempelajari apa itu tentang kekeluargan dan kesaudaraan dimana di dalamnya ada suatu keadilan untuk semua tanpa memandang status apapun.
Saya dan teman-teman saya pada saat itu di hari pertama mengikuti DIKSAR dan pada saat semsampai nya kami di tempat tujuan kami langsung di hadapkan dengan kesulitan kesulitan yang sangat menguras tenaga dan pikiran, pada saat itu ada teman saya yang ceroboh dan mendapatkan hukuman oleh instruktur dan pada saat itu juga instruktur pun mengatakan bahwa” jika satu orang salah maka kami semua salah” , “satu sulit semuanya pun sulit”,”satu bahagia semua nya pun bahagia”dan itu yang mengajarkan saya apa itu keadilan  begitu pun untuk para pembina maka dari itu kami semua mendapatkan hukuman tidak ada yang berpihak pada satu orang pun semua merasakan apa yang di rasakan oleh teman saya dan kami di hukum juga ada alasan nya karna membuat kesalahan dan jika tidak membuat kesalahan maka instruktur pun tidak akan menghukum . dan juga pada saat itu kami di didik untuk saling menghargai satu sama lain dengan saling bersikap saling adil bagi teman yang sedang dalam kesulitan untuk saling bahu membahu apa yang teman kita rasakan dalam keadaan sulit tersebut dan menurut saya itu memang keadilan jika kita kesusahan maka teman teman kita pun akan kesusahan demi menolong kita dan merasakan apa yang kita rasakan.


Nah sekitan cerita yang pendek ini dari pengalaman saya mengenai apa itu keadilan,..






0 komentar:

Posting Komentar